Ribuan Kendaraan Melintas dari Pelabuhan Penyeberangan Merak Edisi Natal

Ribuan Kendaraan Melintas dari Pelabuhan Penyeberangan Merak Edisi Natal 

http://selebpro.blogspot.com/
Berita SelebPro - Peningkatan pada jumblah penumpang dan kendaraan yang ingin menyebrang dari Pulau Jawa ke Sumatera pada libur Natal dan Tahun Baru dari Pelabuhan Penyeberangan Merak mengalami puncaknya pada malam ini atau Sabtu (24/12/2016) diri hari sampai pukul 08.00 WIB.

Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan pihaknya hari ini sudah menyiapkan 28 kapal, penambahan 9 loket menjadi 17 loket penumpang dan penambahan loket kendaraan yang biasanya 10 menjadi bertambah 22 loket.

"Diharapkan dengan banyaknya jumlah kapal yang ada dan loket yang tersedia bisa mengakomodir lonjakan yang diperkirakan akan meningkat pada malam hari ini," kata Faik Fahmi kepada wartawan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Jumat malam.

Faik menilai dengan membandingkan periode sama pada tahun lalu, lonjakan penumpang yang melintas di hari yang sama sudah mulai dirasakan semenjak tanggal 22 Desember kemarin. Ada peningkatan 12% penumpang dan jumlah kendaraan. Menurutnya, bisa dipastikan Sabtu dini hari ini menjadi puncak arus penyeberangan dari Jawa ke Sumatera melalui Merak.

"Pantauan kami dari jam 8 pagi sampai 8 malam ini ada sekitar 20.136 penumpang dan 4164 kendaraan. Diperkirakan akan ada penambahan penumpang sekitar 30-40 ribu lagi," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa karakteristik penyeberangan kendaraan dan penumpang dari Merak cenderung akan meningkat pada dini hari. Pihaknya mengaku siaga penuh untuk mengurangi jumlah antrean.

"Apa yang kita lakukan mengurangi jumlah antrean adalah mengurangi waktu sandar yang biasanya di kondisi normal 1 jam kita coba atur 45 menit," tambah Faik.

Di samping itu, pihak PT ASDP Ferry cabang Merak juga menyedihkan kapal besar untuk bisa mengangkut jumlah penumpang lebih banyak. Waktu sailing time juga menurutnya diupayakan bisa dipercepat dari yang biasanya 120 menit menjadi 100 menit.

"Dengan skenario itu diharapkan proses penanganan penumpang dan kendaraan bisa berjalan dengan baik," katanya.

Faik juga menambahkan Untuk terus mengantisipasi dengan faktor cuaca ekstrim yang dapat menghambat proses kapal dan penumpang. Sampai Jumat malam pukul 22.00 WIB hari ini memang proses penyeberangan masih berjalan baik tanpa ada antrean signifikan dan cuaca masih cerah.
Ribuan Kendaraan Melintas dari Pelabuhan Penyeberangan Merak Edisi Natal Ribuan Kendaraan Melintas dari Pelabuhan Penyeberangan Merak Edisi Natal Reviewed by Unknown on 14.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

www.satubandar.me
Diberdayakan oleh Blogger.