Cara Sederhana Ini Akan Membantumu Jadi Lebih Percaya Diri

Cara Sederhana Ini Akan Membantumu Jadi Lebih Percaya Diri 
Sering merasa gugup saat ingin presentasi di depan kelas atau tidak berani mengajak orang berbicara duluan? Walaupun sebenarnya kamu adalah orang yang ramai. pasti kamu perna merasakan sedikit malu atau segan jika bertemu orang baru. Dan patinya Kamu  menemukan tantangan yang sama ketika harus berdiri dan tampil di hadapan orang lain, apalagi dalam jumlah yang banyak.

Untuk masalah seperti ini juga ppppernah  dirasakan banyak orang, Namun walaupun banyak banyak juga orang yang pernah merasakannya, bukan berarti tidak ada cara yang bisa kamu terapkan untuk menangkisnya. Dan untuk kamu bisa  coba cara-cara berikut ini bisa lebih percaya dengan dirimu dan lebih tepatnya lagi sesuaikan dengan cara mu sendiri !
1. Gunakan bakat kamu 
pasti kamu punya bakat yang mengagumkan. Jadi, mulailah harimu dengan melakukan 1-2 hal yang kamu kuasai dengan baik. dan di mukai juga dengan yang baik . Supaya hasilnya optimal. Salah satunya jika kamu pandai memasak,  Tidak ada salahnya jika kamu memulainya dengan membuat sarapan atau bisa dengan membuat bekal untuk bisa di bawa ke sekolah atau ke tempat dimana kamu bekerja. Dan alangkah baiknya sebelum melakukan aktivitas setiap harinya, Cobalah  pagimu dengan melakukan 1 atau 2 hal yang kamu kuasai dengan baik. Kalau kamu pandai memasak, mulailah hari dengan membuat sarapan. Atau Tepatnya kalau kamu suka berolahraga, sempatkan waktumu untuk jogging keliling kompleks setiap paginya. Lakukan secara rutin setiap pagi. Dengan begitu pastinya rasa percaya dirimu sepanjang hari akan naik karena dimulai dengan kemampuan untuk melakukan dan menyelesaikan sesuatu.

2. Letakkan untuk dapat berfokus pikiranmu pada hal-hal yang positif
Terkadang Rasa tidak percaya diri itu hadir karena kamu terlalu takut dan cemas akan hasil yang kelak didapat. Padahal, sebenarnya takut dan cemas itu tidak perlu untuk kamu rasakan. elama ini kamu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.  Supaya rasa percaya dirimu itu kembali dan lebih tinggi ? Belajarlah untuk bisa berfokus pikiranmu hanya pada hal-hal positif saja. Contohnya saja jika besok lusa kamu akan ada presentasi besar. Dari pada fokus memikirkan apa saja yang akan ditanyakan dan bagaimana killer-nya dosen yang menguji, lebih baik fokuskan pikiranmu pada pengayaan dan penguasaan materi yang akan dipresentasikan. Kalau kamu sudah belajar dengan baik, hasil yang memuaskan juga tentu akan kamu dapatkan, kok. 

3. Dengungkanlah “mantra-mantra” yang bisa menambah semangat dan keyakinan dalam diri ketik kamu merasa grogi

Saat akan menjalani presentasi atau pertama kali menjadi MC, wajar saja kalau kamu merasa grogi dan tidak percaya diri. Mungkin kamu takut jika nanti ada kata yang salah diucapkan atau materi yang lupa untuk disampaikan. Tapi rasa ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama.  Dan disini Kamu harus bisa segera mengatasinya. Dan cara untuk meningkatkan lagi rasa percaya dirimu dapat dengan mengucapkan “mantra-mantra”. Yang di maksud mantra disini adalah kalimat penyemangat yang bisa membuatmu lebih yakin dan percaya diri. yang Misalnya :

“Ada suara dalam kepalaku yang berkata bahwa aku tidak bisa. Sekarang aku akan membuktikan bahwa suara itu salah.”
“Aku sudah pernah menghadapi tantangan yang jauh lebih berat. Kalau ini sih, gampang!”
“Aku nggak punya alasan untuk bilang aku nggak bisa. Kalau ada yang bilang begitu padaku, itu bukan alasan. Itu tuduhan.”

4. Cari tahu Menyenai hal apa saja yang bisa membuatmu merasa awesome, dan itu bisa saja kamu lakukan setiap hari 
Mendapatkan rasa percaya diri setiap hari sebenarnya tidaklah sulit.  Kamu Hanya perlu menanamkan energi positif tanpa henti yang akan membuatmu merasa lebih berharga dan lebih berarti. Yakni dengan coba kamu memahami bahwa dirimu itu lebih berharga, maka keyakinan pada diri sendiri akan bertambah dan dari situlah rasa percaya diri perlahan akan muncul.

5. Buatlah 1 pencapaian kecil setiap hari supaya kamu tahu bahwa dirimu memiliki kemampuan yang luar biasa
Untuk bisa merasa percaya diri, tentu kamu harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk bisa merasa percaya diri, tentu kamu harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Jelas, keyakinan ini tidak bisa datang begitu saja. Karena Kamu juga harus rutin menguji diri supaya tahu sampai mana batas kemampuan yang kamu miliki.
Setiap harinya, buatlah 1 pencapaian yang harus bisa kamu wujudkan. Tidak perlu untuk pencapaian terlalu besar, cukup yang kecil saja namun layak untuk dibanggakan. Contohnya saja

“Hari ini aku bangun pagi, terus pamit ke Ayah-Ibu sebelum ngampus. Tumben, biasanya langsung ngacir gitu aja karena buru-buru. Bangganya bikin Ayah-Ibu senang, hehehe.”
“Udah seminggu diniatin, baru sekarang bisa lari pagi! Hehehe. Besok lagi ah…”
“Tadi aku dan pacar marahan. Tapi kami berhasil ngomong baik-baik sebelum dia nganter aku pulang. Nggak perlu deh drama atau ngambek seharian. Lega.”

pastinya ketika kamu berhasil mewujudkan pencapaian tersebut, pasti akan merasa senang dan pad akhirnya menyadari bahwa kamu mampu menghadapi tantangan. Karena dengan kesadaran itulah yang akhirnya dapat membuat rasa percaya dirimu bertambah secara bertahap. 

6. Untuk bisa percaya diri, kamu tidak perlu menjadi sosok sempurna. Dda pastikan dirimu berharga dengan segala kelebihan dan kekurangannya
Supaya bisa terlihat berwibawa dan penuh percaya diri bukan berarti harus menjadi sosok yang sempurna. Memang, untuk yang berwajah rupawan dan memiliki kemampuan luar biasa, rasa percaya diri itu akan muncul dengan sendirinya. Namun, sebenarnya bukan kelebihan itulah yang menjadi kunci percaya diri mereka.

Kepercayaan diri yang muncul di dalam diri mereka dan akan hadir karena adanya rasa menerima dengan apa yang dimiliki, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya. Dan tidak membandingkan diri dengan orang lain karena tahu itu akan menurunkan rasa percaya diri mereka. Dan prinsip inilah yang perlu untuk kamu amini dan lakoni untuk menaikkan rasa percaya dirimu.

7. Duduk dan berdirilah dengan tegak,  Bahasa tubuh bisa “berbicara” banyak mengenai rasa percaya dirimu
Sudah tahu ‘kan kalau dari bahasa tubuh saja, orang lain bisa “membaca” diri kita. Nah, begitu juga dengan rasa percaya dirimu. Kepercayaan diri hadir tidak hanya dari rasa yakin pada kemampuan dan kelebihan diri sendiri saja, Akan tetapi juga bisa terlihat dari bahasa tubuh yang kamu miliki. Lalu, bagaimana supaya bisa terlihat lebih percaya diri?

Hal demikian bisa kamu lakukan Pertama tama dengan , duduk atau berdirilah dengan tegak dan memandang lurus ke arah depan. Posisi seperti ini akan membuatmu lebih “terlihat” oleh orang lain. ketika berbicara, gunakanlah artikulasi yang jelas dan pandanglah mata lawan bicaramu, supaya bicaramu lebih didengar dan diperhatikan. Kemudian, berjalanlah dengan tegap untuk memperlihatkan wibawa. Jangan membungkuk ataupun melihat ke arah bawah karena bisa memberikan kesan rendah diri dan hal ini dapat memberi aura negatif untuk sekelilingmu.

8. Perkaya dirimu dengan banyak pengetahuan. Kamupun akan lebih percaya diri saat harus berbicara di hadapan banyak oran
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memperbanyak pengetahuan yang kamu miliki. Contohnya ketika saat akan presentasi materi kuliah, jangan hanya terpaku pada 1 diktat saja. Cobalah perkaya pengetahuanmu  dengan memperdalam mengenai materi yang akan kamu sampaikan dengan membaca buku, diktat, dan jurnal penunjang lainnya. Bukan hanya kamu akan semakin pintar, kamu pun akan merasa lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan kelak. Maklum, sudah banyak referensi yang dibaca. 

9. Supaya tidak mendapatkan kegagalan di akhir dan membuat rasa percaya dirimu turun, persiapkan dirimu dengan baik
Susah rmemang rasanya untuk mendapatkan rasa percaya diri kalau kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik. Seakan, kamu menyerahkan dirimu begitu saja untuk mengalami kegagalan dan akibatnya, rasa percaya dirimu malah semakin menurun. Maka dari itu, untnuk mendapatkan kepercayaan diri, penting bagimu untuk mempersiapkan diri dengan baik dan lebih baik lagi dari yang sebelumnya.
Ingat, keberuntungan akan datang kapan saja dan adamasanya Ia hanya mau menghampirimu ketika kamu sepenuh hati melakukan persiapan.

10. Penampilan juga sangat berpengaruh pada rasa percaya diri. Kamu akan kaget menyadari bahwa pujian satu orang bisa membuatmu PD seharian.
Biasakanlah dirimu untuk selalu tampil dengan baik setiap harinya. Mulai dari mandi dengan bersih, menata rambut, memulas wajah dengan riasan sederhana, sampai mengenakan pakaian yang rapi dan modis. Setelah itu, patutlah dirimu lewat cermin dan yakini bahwa tampilan hari ini adalah yang terbaik.

11. Dan yang Terakhir jangan pernah luput untuk mengukir senyum. Energi positif yang ditimbulkan bisa membuatmu merasa lebih bahagia.
Cara terakhir ini memang terdengar klise, Tetapi cukup berhasil untuk menaikkan rasa percaya dirimu. Senyum ini memiliki energi positif yang dapat memberikan perasaan bahagia, baik untuk dirimu maupun orang lain di sekitarmu. Untuk itu, ukirkanlah selalu senyum di wajahmu, mulai dari bangun tidur, beraktivitas, sampai tidur kembali. Karena hanya dengan senyum yang kecil, harimu bisa berjalan dan berubah menjadi lebih baik.

Rasa percaya diri ini sebenarnya bisa hadir karena kamu yakin pada dirimu sendiri. Untuk itu, Belajar untuk selalu menghargailah apa yang ada di dalam dirimu, baik itu kelebihan maupun kekurangan. Kalau bukan kamu yang mulai menghargai diri sendiri, siapa lagi?!. 
Cara Sederhana Ini Akan Membantumu Jadi Lebih Percaya Diri Cara Sederhana Ini Akan Membantumu Jadi Lebih Percaya Diri Reviewed by Unknown on 12.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

www.satubandar.me
Diberdayakan oleh Blogger.